SERBA SERBI MAKANAN HITAM

SERBA SERBI MAKANAN HITAM


Ternyata tidak hanya  penampilan makanan berwarna saja yang bisa membangkitkan selera makan kita. Aneka makanan lezat berwarna hitam  juga dapat membuat lidah kita tak berhenti untuk bergoyang. Penasaran seperti apa berikut informasinya. 


  1. Bakso Hitam Surabaya 
    



Siapa yang tak suka dengan makanan yang berasal dari Tiongkok ini, olahan daging sapi yang digiling dan dicampur dengan bumbu-bumbu dapur ditambah dengan kuah kaldu panas yang gurih menjadikan bakso menjadi makanan terfavorit hampir semua orang. Namun tahukah Anda kalau di Surabaya, Jawa Timur terdapat variasi dan kreasi unik dari sebuh bakso yaitu bakso hitam kemudian bakso ini juga memiliki tiga varian rasa yang menggunggah selera seperti bakso hitam keju, coklat dan pedas. warna hitam pada bakso sendiri berasal dari Arang bambu cupang yang telah melalui proses pemurnian zat karbon sehingga  aman dikonsumsi manusia dan tidak merubah rasa makanan. selain itu arang bambu memiliki beberapa manfaat antara lain untuk kesehatan pencernaan dan  detokdifikasi tubuh.  

2. Pempek Hitam Bandung



Tidak hanya bakso, makanan khas palembang yaitu pempek juga bisa dikreasikan dengan arang cupang, walapun memiliki kesamaan bentuk dan rasa yang tidak berubah, namun pempek yang satu ini memiliki warna yang berbeda dari pempek pada umumnya, itulah mengapa makanan olahan sagu dan campuran ikan tengiri ini disebut pempek hitam, makan pempek menjadi lebih selera jika anda menuangkan kuah hitam bercita rasa manis, pedas dan asam bernama cuko, selain unik dan lezat, pempek hitam ini dapat menurunkan kolestro. Jika tertarik kalian, Anda bisa menemukannya di Kedai Badung dengan harga satu porsi yang relatif terjangkau yaitu 18K atau Rp 18.000. 

3. Dimsum Hitam


  
Dimsum merupakan salah satu makanan terpopuler di Dunia selain rasanya yang lezat dengan  isian daging ayam cincang atau udang, sajian makanan khas Tionghoa ini juga sehat karena cara memasaknya dengan di kukus atau steam dan tidak digoreng dengan menggunakan minyak. Sama seperti bakso hitam dan pempek hitam,dimsum hitam ini juga terbuat dari arang bambu jepang namun ada restaurant yang mmebuatnya dengan menggunakan oalahan tinta cumi. tinta cumi bersifat anti-angiogenik yang dapat mencegah pertumbahan sel-sel tumor dan juga mencegah pembuluh darah baru yang menyebabkan tumor dan sel kanker baru. 

Comments

Popular Posts